Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Yuk, cegah bobot naik setelah lebaran!

Puasa usai, banyak diantara kita yang KALAP liat makanan! Hahaaaa! Jam makannya kan jadi 24jam, jadi apapun yg ada di meja dihajaaaaaar! Dari ketupat + opor, red velvet, rainbbow cake, kastengel, makanan2 parsel, dll, Apapun makanannya bisa bikin FOODgasm! *antara lapar sama maruk agak ambigu yah :p
Saat lebaran, pola makanmu jadi berantakan, asupan kalori pun jadi gak teratur deh. Peluang bobotmu naik wah besar bgt tuuuh.


Kamu udah timbang berat badanmu? *antara males sama takut ambigu nih haaahaaa!
Di antara km pasti ada yg beratnya jadi nambah. Tenang, makanerz! Let's go, kita cegah bobot naik setelah lebaran dengan tips dari Yahoo! She berikut ini:




1. Jangan panik dan langsung puasa lagi. Bila kita berdiet ketat, maka metabolisme akan semakin melambat dan kemungkinan untuk terjerumus ke siklus 'yoyo' akan lebih tinggi lagi. Maka, yang sudah terjadi biarkan terjadi. Pikirkan rencana km selanjutnya.
2. Mulailah dengan membersihkan kulkas dan lemari dapur dari camilan Lebaran. Hari Raya telah berlalu, masa menikmati makanan yang bersantan, manis dan berminyak sudah lewat. Bagikan sisa makanan kepada asisten rumah tangga, satpam atau tukang sayur. Tak ada salahnya berbagi kebahagiaan.
3. Mulailah berbelanja makanan sehat. Pastikan bumbu dapur km lengkap, bila perlu belilah bumbu yang sudah dihaluskan. Simpan dada ayam, fillet ikan, dan telur dalam kulkas atau freezer. Sayur tidak berdaun seperti brokoli,buncis dan wortel harus ada dalam kulkas. Sehingga, bila km lapar, km tidak hanya mengandalkan pesan makanan siap saji. Makanan segar olahan sendiri jauh lebih sehat dikonsumsi, bukan?
4. Bila km makan 3 kali sehari, batasilah 1 kali sehari makan yang digoreng atau olahan tepung. Ini adalah langkah awal untuk mengurangi asupan kalori mu. Prioritaskan memasak makanan km dengan membakar, steam, grill, pepes, ungkep atau mengolah menjadi bentuk kuah seperti kuah asam, sup atau soto.
5. Mulailah hidup lebih aktif. Kenakan sepatu yang nyaman sehingga km dapat lebih banyak berjalan. Parkirlah agak jauh dan gunakan tangga bila harus naik 2-3 lantai saja. Lebih baik lagi bila km bisa meluangkan waktu berolahraga 2 kali seminggu. 

Nah, itu dia tips biar km gak stress setelah lebaran, ups maksudnya biar bobot gak naik setelah lebaran! Hehehee! Semoga abermanfaat!

Salam kenyang,
Ogut

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar